Asides

Laskar Hijau penjaga kelestarian Taman Kota

Aside Posted on Updated on


Menjadi seorang penjaga kelestarian dan kebersihan taman memang bukanlah pekerjaan impian. Tidak sedikit orang yang meremehkan pekerjaannya, tapi itu tidak membuat para laskar hijau ini berkecil hati. Kurangnya kepedulian pengunjung akan lingkunganlah yang kadang suka membuat sedih para laskar hijau, mereka mengharapkan agar para pengunjung taman juga ikut menjaga taman agar terciptanya kenyamanan untuk semua.

[kembali ke tamanku]

Advertisements

Ancol kantongi Indonesia Green Award 2015

Aside Posted on Updated on


Ancol merenima penghargaan Indonesia Green Award 2015
Ancol merenima penghargaan Indonesia Green Award 2015

Berkat program pengelolaan sampah terpadu “Ancol Zero Waste” yang di buat pada 22 Juni 2012, Ancol raih Indonesia Green Award pada 4 Juni 2015 di Hotel Indonesia Kempimksi, Jakarta.

Mmelalui program ini Ancol telah berhasil mengurangi bebas sampahnya sebanyak 25% untuk tidak dibuang ke Bantar Gebang kendati proses pemulihan sampah ini masih dalam tahap uji coba. Sampah-sampah yang sementara ini di olah adalah berasalah dari Atlantis Water adveture dan Dunia Fantasi, dengan harapan akan terus dikembangkan lagi dan mengolah sampah dari titik-titik lainnya di Ancol.

Hasil dari sampah yang telah diolah akan berubah menjadi pupuk kompos yang kemudian digunakan untuk menyuburlan tanaman, sedangkan dengan limbah pelastik dipress dan akan didaurulang yang kemudian di manfaatkan sebagai bahan baku untuk memproduksi merchandise Dufan. Dengan demikian semua yang dihasilkan oleh sampah ini dapat dimanfaatkan kembali.

Pengoperasian kegiatan pengolahan limbah ancol dilakukan oleh peduduk sekitar, jadi mereka merasa pula diuntungkan oleh adanya program Ancol Zero Waste.

[kembali ke pulauku]

KM Laut Bersih untuk laut bersihku

Aside Posted on Updated on


Diluncurkannya armada-armada laut untuk membersihkan perairan sekitar Kepulauan Seribu Jakarta oleh Dinas kebersihan DKI Jakarta sejak tahun 2014 lalu adalah sebagai salah satu bukti konkrit bahwa Pemerintah Jakarta tidak main-main soal program mereka untuk menjadikan Jakarta yang lebih bersih.

KM Laut Bersih 23, Pulau Pramuka. RIDHO AKBARI

Inilah salah satu armadanya, kapal motor (KM) kecil jenis katamaran yang dilengkapi dengan dua mesin tempel berkekuatan 80 pk aktif bergerak mencari sampah sepanjang pagi hingga sore hari. Seperti yang ada di Kelurahan Pulau Panggang, yang wilayahnya mencakup tiga pulau yaitu Pulau Pramuka, Pulau Panggang, dan Pulau Karya.

Untuk menjaga kebersihan ketiga pulau ini di terjunkan 2 kapal yang masing-masing dengan satu orang kapten yang juga sekaligus bekerja sebagai nahkoda kapal.

Setelah satu tahun berjalan para pekerjanya sudah mulai hafal dengan jenis-jenis sampah. Contohnya, di musim penghujan mereka harus siap-siap dengan membeludaknya sampah pelastik yang terbawa oleh arus banjir dari dalam kota.

Jakartaku

Aside Posted on Updated on


Jakartaku —

Kota Jakarta di sore hari
Kota Jakarta di sore hari

Jakarta adalah pusat perekonomian, budaya dan politik negara Indonesia. Ini adalah kota terpadat di Asia Tenggara dan merupakan kota terbesar kesepuluh di dunia.

Jakarta dilengkapi dengan dua bandara yaitu Bandara Soekarno-Hatta International dan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma dan juga memiliki Pelabuhan Tanjung Priok. Komuter kereta api yang menghubungkan beberapa kota lainnya dengan ibu kota ini, juga ada busway untuk seputar dalam kota.

Monumen Nasional di malam Hari
Monumen Nasional di malam
Hari

Jakarta adalah kota pusat pemerintahan dan bisnis. Hal ini jarang dilihat sebagai pusat pariwisata selain tua kota yang merupakan tujuan wisata beken. Namun otoritas Jakarta melihat kesempatan untuk mengembangkan reputasi kota ini sebagai kota layanan dan kota pariwisata. Ada banyak infrastruktur pariwisata baru, pusat-pusat hiburan, dan hotel kelas internasional dan restoran yang dibangun di Jakarta. Jakarta juga memiliki banyak tempat bersejarah dan warisan budaya.

Jakarta adalah salah satu kota produsen sampah terbanyak dampak dari begitu padatnya penduduk setiap hari nya. Di tambah dengan keinginan otoritas menjadikan Jakarta sebagai kota wisata membuat Jakarta lebih padat lagi. Dengan demikian kita harus bekerja ekstra keras lagi dalam menjaga kota ini agar tetap atau lebih bersih lagi, dan menanamkan image sebagai Kota Bersih di benak para pelancong asing ketika berjung.

Bangunanku

Aside Posted on Updated on


Bangunanku —

Kota termaju di indonesia tidak bisa kita lepaskan dengan bangun-bangunan menjulang langit yang setiap hari semakin padati kota. Mall-mall besar saling berdampingan hampir di semua titik lokasi favorit di Jakarta, menjadikan masyarakat jakarta secara tidak langsung menjadi lebih konsumtif, yang dengan demikian meningkatnya baik limbah rumah tangga ataupun limbah industri. Di halaman ini kita akan melihat seperti apa tingkat kebersihan bangunan-bangunan yang ada di Kota Jakarta.

Salah satu aset peninggalan jaman jajahan Belanda adalah Kota Tua. Lokasi yang selalu mendapatkan tempat special di hati para potographer ini memang memiliki… [baca artikel]

Walikota Jakarta Utara Satu Bpk. Rustam Effendi memungut sampah dari… [baca artikel]

[kembali ke Jakartaku]

Kontak

Aside Posted on Updated on


Jika anda memiliki saran, komplain, atau memilIki pertanyaan silahkan hubungi kami  ke alamat sebagai berikut.

Alamat:   Menara Kuningan lt.32 Jl. Rasuna

Said Kuningan Jakarta

Tell:         +62 21 7688 567

Email:      contact@jakartabersih.com

//

Kumpulan berita

Aside Posted on Updated on


Di sini kamu bisa pantau berita-berita yang oleh media tentang kebersihan Kota Jakarta

Kumpulan Berita:

  • Relawan dari komunitas ‘Bersih Nyok’ memungut sampah yang mengotori kawasan Bundaran HI, Jakarta. Kampanye aksi “Jakarta Bersih Nyok” ini untuk menarik simpatik warga agar tidak… [baca berita]
  • Foto-foto kali atau sungai yang dipajang di media sosial tersebut diunggah untuk pertama kalinya oleh pemilik akun bernama Andrinov Satar. Bersama foto-foto tersebut, ia juga menuliskan, “70 tahun merdeka, baru sekarang lihat Jakarta mulai tertata dengan benar. Ini baru wolrd class city! Lanjutkan…!!!” [baca berita]
  • Kali Ciliwung di kawasan Kenari, Jakarta Pusat, sudah dirancang sedemikian rupa. Tak ada kios dan permukiman kumuh di bantaran kali… [baca berita]
  • Tumpukan sampah yang menggunung dan tak diangkut itu dipenuhi nyamuk yang berisiko mendatangkan penyakit bagi… [baca berita]
  • Pemerintah kota (pemkot) administrasi Jakarta Utara akan menertibkan lahan kosong seluas 11 hektare dari total luas lahan 26,5 hektare, di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang akan dibangun menjadi Stadion BMW… [baca berita]

Tumpukan sampah menggunung memenuhi sebagian besar lahan kosong yang nantinya akan dibangun menjadi Stadion Internasional BMW di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, 18 September 2015

  • “Dulu sungainya lebar dan dalam, sekarang sempit dan dangkal tapi airnya banyak. Ditambah lagi masyarakat di bantaran itu ‘menikmati’ kalau habis masak sampahnya dibuang ke kali,” ujar Panglima Kodam Jaya, Letjen Agus Sutomo, di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (14/9)… [baca berita]

[kembali ke jakartaku]