Taman Menteng dari Waktu ke Waktu

Posted on Updated on


Kawasan Menteng cukup terkenal sebagai kawasan yang memiliki banyak taman, diantaranya Taman Suropati, Taman Lawang, Taman Ceut Mutia dan Taman Menteng. Taman Menteng yang sekarang menjadi pilihan banyak warga Jakarta untuk bersantai, ternyata dulunya adalah Stadion Menteng yang terkenal sebagai markas tim sepak bola Persija.

Stadion Menteng. Credited by Jakarta Kita
Stadion Menteng. Credited by Jakarta Kita

Taman yang berdiri di atas lahan seluas 30 hektar ini memiliki sejarah yang cukup menarik. Taman menteng merupakan taman yang sudah beralih fungsi yang dulunya dikenal dengan Stadion Menteng sekarang menjadi Taman Menteng. Dalam peralihan fungsinya, banyak kecaman dan penolakan dari berbagai pihak. Salah satu alasannya adalah karena awalnya keberadaaan stadion yang berumur 84 tahun itu bertujuan sebagai resapan air di Jakarta Pusat, dengan adanya peralihan fungsi dengan desain awal taman yang menghadirkan parkiran bawah tanah tersebut terlihat jelas akan merusak resapan air di kawasan tersrebut.

Akhirnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap mengesahkan  tanah tersebut ke Badan Pertahanan Nasional pada tahun 2001 dan pembongkaran dilakukan pada tanggal 26 Juli 2006 oleh pihak Satpol PP yang dibantu oleh pihak kepolisian dan TNI.

Taman Menteng, Credited by GarudaMagazine
Taman Menteng, Credited by GarudaMagazine

Setelah itu dibangunlah taman yang memiliki banyak fasilitas akan tetapi tidak merusak resapan air, taman tersebut sekarang dikenal dengan nama Taman Menteng. Taman Menteng merupakan taman yang memiliki 44 resapan sumur yang membantu penyerapan air, selain itu Taman Menteng juga memiliki 30 spesies tanaman berbeda dan berfasilitas lengkap, diantaranya adalah adanya taman bermain untuk anak-anak, lapangan futsal dan basket. Diharapkan taman ini kedepannya akan menjadi salah satu ruang terbuka hijau yang nyaman dan bersih untuk dinikmati warga Jakarta.

[kembali ke menu Tamanku]

Advertisements

One thought on “Taman Menteng dari Waktu ke Waktu

    Tamanku « Jakarta Bersih said:
    October 4, 2015 at 4:22 am

    […] Taman 1 […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s